Empat Kunci Sukses Kuliah di DKV

Empat Kunci Sukses Kuliah di DKV

Leonardo Widya, pengajar Prodi Desain Komunikasi Visual di sejumlah kampus (UMN dan UPH) mengatakan bahwa persiapan paling mendasar bagi calon mahasiswa jika ingin melanjutkan kuliah di DKV adalah mental, yakni memiliki passion (atau renjana); hasrat; jatuh cinta; kerinduan; gairah; keinginan yang kuat; memantapkan jiwa untuk menuntut ilmu di DKV.

Menurutnya ada empat kunci keberhasilan kuliah di DKV. Pertama adalah passion (renjana) tadi. Adanya keinginan dan kecintaan yang kuat untuk terus dan terus belajar.

Kedua adalah craftmanship atau ketrampilan tangan. Pada semester awal terdapat mata kuliah dasar di mana mahasiswa akan sering menghadapi tugas seperti memotong, menempel, mengecat. Di sinilah mahasiswa dilatih untuk memiliki craftmanship yang handal.

Ketiga, kompetensi teknis terkait penguasaan software desain, pen tablet, kamera, serta alat penunjang berbau teknologi lainnya.

Keempat, terus menambah wawasan dan memperbarui ilmu yang dimiliki. Dua di antara caranya adalah dengan rajin membaca buku dan menyambangi pameran seni dan desain. Jika keempatnya dijalani maka mahasiswa akan mempunyai desain dengan konsep dan gaya yang kuat.

Kendati begitu bukan berarti mahasiswa tidak akan pernah menjumpai masalah. Bagi Leonardo Widya, kendala yang kerap dijumpai mahasiswa adalah kurangnya jam istirahat dan tingginya biaya kuliah.

Untuk itu mahasiswa harus pandai-pandai mengatur waktu dalam mengerjakan tugas kuliah yang dibebankan. Mengenai biaya kuliah DKV yang tinggi, Leonardo Widya mengembalikannya ke passion. Semakin tinggi passion mahasiswa, maka semakin tinggi daya juang mereka untuk menuntaskan kuliah. Tugas dan tanggung jawab akan terasa bagai tantangan yang menyenangkan. Biaya kuliah tidak jadi soal karena akan ada banyak jalan memecahkannya. Dengan passion yang kuat kita akan rela dan ikhlas berkorban demi kuliah sambil tetap berprestasi.

Nah, berbeda dari kebanyakan kampus dengan Prodi DKV terlebih kampus teknologi, di STTM AR. Fachrudin Bojonegoro biaya kuliah amat terjangkau. Dengan SPP hanya sebesar Rp. 2.500.000,- per semesternya mahasiswa sudah memperoleh fasilitas kuliah lengkap, mulai dari ruang kelas, laboratorium komputer, studio fotografi, hingga free wifi, dan tentunya ditemani oleh dosen-dosen profesional yang siap menjadi mitra dalam kesuksesan. Biaya tersebut sudah termasuk UTS dan UAS. Uang gedung Rp. 5.000.000,- dapat diangsur empat kali, menjelang UTS dan UAS Semester 1 dan 2. Jadi segera daftarkan diri di STTM AR. Fachrudin, Kampus Technopreneur Unggulan (RIA).

Sumber:

Kunci Sukses Kuliah DKV (Desain Komunikasi Visual)

Leave a Reply

Close Menu